Alexander Wang

Fashion Extravaganza - JF3

Barli Asmara, Sisi Glamor Perempuan Tahun 1920-an

By  | 

barli-asmara-9855

Lihat Koleksi →

Mengangkat sisi glamor perempuan era 1920-an, dengan menambahkan kesan modern, membuat koleksi Barli Asmara tak ketinggalan zaman.

“Saya ingin wanita Indonesia terlihat lebih cantik, classy, everlasting, romantis dan girly, semua itu saya coba rangkum dalam fashion show saya kali ini,” kata Barli dalam konferensi pers sebelum show berlangsung, 16 Mei 2014 di Harris Hotel, Kelapa Gading, Jakarta. La belle et Fabouleuse yang berarti cantik dan mengagumkan menjadi tema rancangan high-end evening wear yang ditampilkan pada malam pertama acara JFFF 2014. Tema ini terinspirasi dari perempuan Eropa era tahun 1920-an sampai 1940-an yang digabung dengan unsur modern oriental.

Detail embroidery dan fringe merupakan ciri khas Barli Asmara menjadi elemen utama pada koleksinya kali ini. Di samping itu penggunaan material jaring, bulu, rajut, lace, tulle dan sifon menjadi elemen pendukung pada setiap gaun malam yang ditampilkan. ”Untuk palet warna, saya membagi koleksi saya menjadi 4 grup. Yang pertama adalah warna pastel, yang ke dua dan tiga lebih ke hitam, dusty gold, silver, dan yang terakhir warna – warna off white,” kata Barli ketika menjelaskan konsep warna dalam koleksinya.

Lebih detail lagi, kita lihat konsep warna ini saat fashion show berlangsung. Diawali dengan musik yang diaransemen oleh Dhiki Putu, sederet model ternama tampil di runway. Sesi pertama, tampil warna pastel dengan permainan detail bunga yang menguatkan kesan feminin dan glamor.

Sesi kedua dan ketiga didominasi oleh gaun – gaun panjang berpotongan duyung dan body fit. Permainan detail pun semakin terlihat pada setiap gaun yang ditampilkan dengan warna – warna yang lebih glamor seperti hitam, silver dan dusty gold.  Namun kesan oriental yang ingin Barli sampaikan tidak terlalu terasa, yang terasa hanya sentuhan Eropa yang glamor.

Puncaknya pada sesi terakhir, koleksi yang didominasi warna off white dengan detail embroidery, bulu, mutiara dan fringe yang penuh membuat setiap busana terlihat berat namun tidak menghilangkan kesan cantik dan glamor pada koleksinya.

Seluruh busana itu dibawakan oleh model dengan rambut bob khas era 1920-an yang ingin ditampilkan, lengkap dengan riasan mata hitam bold yang dibuat meruncing sebagai ciri khas tahun itu. Barli menambahkan sentuhan glitter dan lipstick lebih light untuk tetap memberikan kesan modern. Pada koleksinya kali ini Barli Asmara berkerja sama dengan E.P.A Jewels untuk aksesoris dan sepatu menampilkan koleksi dari Nes Elona.

Teks: Bayu Raditya Pratama / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *