DKNY Fall 2017 Collection

Stories

Batik Tulis, Sebuah Perlawanan

By  | 

batik-tulis-3035Pada sebuah hari saya berkesempatan jalan-jalan ke Tegal. Bukan tanpa tujuan saya bertandang ke kota itu. Saya ingin bertemu Idah, seorang pembatik otodidak.

Idah saya kenal lewat seorang teman di komunitas pencinta film. Teman saya ini, Rifin namanya, tahu betul bahwa saya penggemar batik dan punya sebuah toko batik online. Dia cerita bahwa dia punya seorang kakak perempuan yang pandai membatik. Idah, itulah kakaknya.

Sebelum bertemu Idah saya telah lebih dulu berkenalan dengan kain batik karyanya. Salah satunya batik motif Sekar Jagad. Saat itu saya berkeinginan suatu waktu bisa berkenalan langsung dengan Idah.

Untuk batik-batiknya Idah selalu menggunakan kain katun primisima berukuran 115 x 230 cm atau 125 x 250 cm. Katun nomor satu. Ketika akhirnya kami bertemu di rumahnya yang sederhana, Idah bertutur bahwa ia belajar membatik mulanya secara otodidak, tetapi kemudian sang suami, Chafid, memberi saran agar dia ikut kursus membatik di Kecamatan. Idah pun mengikuti saran Chafid. Alhasil, kini batikannya semakin halus dan motif-motif yang dibuatnya kian bervariasi.

Saya kagum dan salut menyaksikan Idah dengan tekun membatik di salah satu sudut rumahnya. Sendiri saja, di sela-sela kesibukan mengurus anak dan suami. Oleh karena itu tak banyak kain batik yang dihasilkannya setiap bulan. Paling banter dua helai. Dengan membatik Idah bukan sekadar sedang menyambung hidup, tetapi ia juga sedang merawat sebuah warisan adiluhung bangsa. Ia juga, tanpa disadarinya, tengah berperang melawan serbuan “batik-batik” printing dari Cina yang membanjiri pasar.

“Cita-cita saya ingin punya usaha batik sendiri,” kata Idah sambil tersenyum.

Lalu, apakah kita sampai hati ikut-ikutan membeli dan memakai batik palsu produk Cina itu sementara kita tahu ada segelintir orang sederhana seperti Idah yang dengan setia terus membatik?

Teks: Endah Sulwesi / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *