Alexander Wang

News

Busana dalam Tango

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Busana yang memungkinkan bebas bergerak adalah kunci busana tango. Desainnya bisa apa saja, bahkan yang lekat tubuh pun mungkin.

Bertempat di Rumah Alexandra, Kemang, Jakarta Selatan. Tango lovers Jakarta bersama Kedutaan Argentina untuk Indonesia dan Indonesia Tatler menggelar acara Pablo Georgini y Noelia Coletti Follows by Milonga. Acara yang diadakan pada Rabu 13 November 2014 ini merupakan rangkaian acara dari Tango in Paradise yang akan berlangsung pada tanggal 27 – 30 November 2014 di Bali.

Argentina used tango for diplomatic,” kata Ricardo Luis Bocalandro, Duta Besar Argentina untuk Indonesia. Tango merupakan tarian yang berasal dari kawasan kota Buenos Aires dan Montevideo di Rio de La Plata, perbatasan Argentina dan Uruguay. Tarian ini awalnya merupakan tarian kelas bawah masyarakat bekas budak Afrika, penduduk asli Rio de La Plata, dan campuran imigran Eropa yang berada di wilayah tersebut.

Tarian tango pun berkembang, keluar wilayah Argentina. Bermula dari Paris, London, Berlin, dan negara lain akibat dari para penari Argentina yang berpergian ke Eropa. Hingga pada tahun 1913 tarian ini dibawa ke benua Amerika, lantas menjadi salah satu tarian bergengsi di ballroom.

Fashion Show Busana Tango

Dalam acara ini juga menampilkan fashion show dari desainer Kiki Adam berkolaborasi dengan desainer aksesoris Manjusha. Kiki Adam menampilkan pilihan koleksi busana tango bagi perempuan. Sederet busana cocktail dress modern dengan potongan mini dress sampai long dress dengan belahan tinggi hadir menjadi pilihan. Detail draping yang diaplikasikan dengan material chiffon, lace, dan organza tampil menggoda dengan warna – warna bold, hitam, dan gold. Aksesoris khas Indonesia dari Manjusha melengkapi busana dress modern yang telah dimodifikasi untuk para penari tango.

“Karena pada dasarnya saya juga menari tango, kita harus bergerak, dan berdansa. Jadi bahan materialnya pun harus mendukung. Tidak boleh terlalu berat dan kaku. Bahan yang biasa digunakan adalah seperti lycra, chiffon dan satin,” tambah Kiki Adam yang ditemui setelah show.

 

Cocktail Dress Untuk Menari Tango

Lagu dari Carlos Di Sarli menjadi lagu yang dipilihkan para undangan untuk Pablo Georgini dan Noelia Colleti menari tango. Tarian pertama disebut tarian social tango. Merupakan tarian tango yang paling sederhana, dengan gerakan kaki yang selalu berada menempel ke lantai dansa.

Cocktail dress hitam berpotongan A-line dengan detail embellishment pada bagian belakang busana menjadi pilihan Noelia. Busana midi dress dengan bagian bawah diberi belahan sebatas paha untuk memudahkan bergerak saat menari. Busana bagi penari laki-laki biasanya berupa setelan suit, seperti yang dipilih Pablo malam itu. Setelan jas hitam tampak kasual dengan paduan celana panjang putih dengan potongan straight, celana pada penari pria pun tidak boleh terlalu ketat untuk memudahkan bergerak saat menari.

Lagu Nochero Soy dari Osvaldo Pugliese menjadi lagu penutup. Dengan memperlihatkan kepiawaian mereka dalam menarikan stage tango, gerakan demi gerakan sulit dalam tarian tango mereka lakukan tanpa ada kendala. Selain busana, hal yang penting diperhatikan dalam menari tango adalah sepatu. Penari perempuan bisa memilih mengenakan jenis sepatu ankle strap atau T-strap. Yang penting kenyamanan kaki saat melakukan gerakan tarian tango.

Teks: Bayu Raditya Pratama / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *