DKNY Spring 2017 Intimates, Sleepwear & Hosiery Collection

Fashion Report

D’Jakarta Dari New York Fashion Week

By  | 

anniesa_hasibuan61ss17pm500

Usai diperagakan di New York Fashion Week, koleksi bertajuk D’Jakarta kembali melenggang di Jakarta Fashion Week 2017.

Mencatatkan nama sebagai desainer mode pertama yang menggelar peragaan busana di New York Fashion Week, nama Anniesa Hasibuan segera menjadi perbincangan hangat di jagad mode Indonesia. Mengangkat keberagaman karakter masyarakat dan gaya berbusana di Kota Jakarta, Anniesa merilis satu set koleksinya yang bertajuk D’Jakarta di New York Fashion Week Spring Summer 2017. Satu bulan berselang, ia lantas memboyong pulang koleksi busananya tersebut ke gelaran mode terbesar di tanah air, Jakarta Fashion Week 2017.

Kota Jakarta telah membumbungkan tinggi imajinasi Anniesa Hasibuan dalam merancang pakaian. Dimensi keberagaman yang menghiasi Kota Jakarta serupa kerlap-kerlip lampu beraneka warna yang terlalu menarik untuk diabaikan begitu saja.  Penduduk Kota Jakarta yang terdiri atas beragam etnis, latar belakang, dan karakter budaya telah menginspirasi Anniesa Hasibuan untuk mentranslasikannya ke dalam satu rangkaian koleksi busana bertajuk “D’Jakarta”. Selain pada gelaran Jakarta Fashion Week 2017, koleksi ini pula yang ia hadirkan di New York Fashion Week  Spring/Summer 2017 beberapa waktu lalu. Diiringi gegap gempita rasa penasaran segenap insan mode tanah air, koleksi Anniesa Hasibuan melenggang manis pada satu slot peragaan busana hari terakhir penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2017.

Kesan Glamor dan Modern

Terdiri atas 48 koleksi busana, Anniesa Hasibuan membaginya dalam dua kategori besar, 38 busana ready-to-wear (casual?) dan 10 evening dress yang kesemuanya merupakan modestwear. Modestwear sendiri merupakan busana berpotongan lebih tertutup, seminim mungkin memperlihatkan kulit pemakainya dan kerap diasosiasikan sebagai busana muslim walaupun pada kenyataannya kategorisasi ini lebih cair sehingga tidak melulu berhubungan dengan busana muslim. Dalam koleksi D’Jakarta, Anniesa mengedepankan konsep mix and match. Dengan konsep tersebut Anniesa membayangkan bahwa rangkaian koleksinya dapat pula dikenakan oleh mereka yang tidak mengenakan busana muslim dalam kesehariannya.

Didominasi oleh warna-warna pastel yang terkesan lembut, aksen payet dan bebatuan kristal memberikan kesan glamor. Satu persatu model yang berjalan di atas panggung peragaan busana miliknya seolah menjadi magnet tersendiri karena aura keanggunan dan modernitas semakin terpancar kuat. Kejelian Anniesa dalam mengemas peragaan busananya pun terlihat dengan penggunaan aksesoris berupa kacamata ultramodern yang dikenakan para model sehingga menyempurnakan daya pikat dari peragaan busana tunggalnya tersebut. Menilik gaya rancangan Anniesa, unsur feminin, romantis, glamor, dan modern tampak menjadi ciri khas sang desainer.

Dari segi motif, ia menggunakan motif ikat dan batik kontemporer dengan teknik printing. Gaun panjang, jubah yang menyapu lantai, blazer, cape, blus, celana panjang bersiluet longgar, celana model jogger pants, hingga jumpsuit menjadi bagian dari rangkaian koleksi D’Jakarta.

Teks: Armadina Az / Foto: JFW

1 Comment

  1. ZAHOOR SHUMAILA

    22/02/2017 at 11:43 PM

    Beautiful dress

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *