DKNY Fall 2017 Collection

Fashion Report

Gaun Malam dengan Sentuhan Jawa

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Lihat Koleksi →

Menambahkan unsur budaya Jawa dalam koleksi gaun malam, Barli Asmara ciptakan koleksi yang classy dan elegant.

Panggung runway IPMI trend show 2015 pada hari kedua, 23 Oktober 2014 menampilkan desainer Barli Asmara. Terinspirasi dari kekayaan dan warisan budaya Jawa berupa sastra, seni tari, seni rupa, riasan khas Jawa, dan sifat feodal coba diterjemahkan Barli ke dalam suatu koleksi yang diberi tema Royal Javanese. Tanpa meninggalkan ciri khas dari garis desain Barli, budaya Jawa bertemu dengan potongan gaun malam khas Eropa dengan sentuhan modern.

Show dimulai dengan penampilan dari penyanyi Andien. Ia mengenakan strapless mini dress berbahan sequin, dengan potongan uneven hem yang diberi detail acrylic motif kawung lengkap dengan kelat bahu.

Dilanjutkan dengan model pembuka yang mengenakan sheer dress hitam panjang, berpotongan duyung dengan detail bordir pada bagian bawah. Menariknya, Barli menambahkan ikat pinggang berupa acrylic yang mengingatkan pada koleksi Spring/Summer 2013 dari Alexander Mcqueen.

Hadir pula beaded fringe dress yang sempat menjadi tren di Eropa pada tahun 1920. Motif truntum yang dibuat monokrom hadir dalam strapless dress panjang dengan siluet seperti busana basahan khas Jawa. Korset era Victorian yang dibuat lebih modern dipadu dengan bawahan berbahan taffeta dengan teknik laser-cut berbentuk kawung melengkapi koleksi Royal Javanese ini.

Deretan gaun malam berpotongan A-line, duyung, ball gown, body fit, hingga kebaya modern hadir dalam warna – warna gelap dengan sentuhan silver dan gold. Material yang digunakan Barli pun cukup beragam seperti tulle, taffeta, sequin, lace, feathers, dan acrylic yang dibentuk dengan teknik laser cut.

Penambahan aksesoris berupa ikat pinggang, choker berukuran besar, gelang, kelat bahu hingga hair–do dengan sasak besar yang diberi konde berwarna gold membuat koleksi ini terlihat sedikit berlebihan. Namun terlihat sekali usaha Barli dalam mencampurkan dua budaya yang berbeda dengan suguhan yang modern. Terlepas dari pada itu koleksi yang menampilkan 48 busana gaun malam ini tetap terlhat classy dan elegant.

Teks: Bayu Raditya Pratama/ Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *