DKNY Spring 2017 Collection

Indonesia Fashion Week

IFDC 2015, Menjaring Potensi Desainer dan Pebisnis Fashion

By  | 
Photo by Sadikin Gani

Alyza Azalia Bachmid, Salah Seorang Finalis IFDC 2015

Indonesia Fashion Week dan Dulux kembali menggelar Indonesia Fashion Design Competition (IFDC). Pada 2015 ini mengusung tema 2015 Urban Lifestyle. Seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, IFDC selain dtujukan untuk menjaring desainer-desainer baru dalam mengembangkan kreativitasnya, juga kemampuan menjalani bisnis fashion.

Konsep ready to wear craft fashion menjadi perhatian utama dalam ajang kompetisi ini. Alasannya, ready to wear dengan ciri khas muatan lokal dinilai lebih potensial dalam menembus pasar global.

Tahun ini tercatat ada 300 orang peserta yang mengikuti IFCD. Setiap peserta diwajibkan mengirimkan sketsa rancangan pakaian dengan konsep ready to wear, inovatif, mengkesplorasi kekayaan lokal dan menggunakan aplikasi trend (warna, motif, dan material tekstil). Dilengkapi pula dengan penjelasan tema, contoh material, dan target konsumen.

Tahap pertama seluruh peserta IFDC diseleksi menjadi 30 orang semi finalis oleh dewan juri yang berjumlah 8 orang. Mereka adalah Taruna K. Kusmayadi (Ketua APPMI & Steering Comittee Indonesia Fashion Week), Susan Budihardjo (desainer fashion dan pendiri LPTB Susan Budihardjo), Sofie (desainer fashion), Chitra Subiyakto (Fashion Director & Creative Buyer Alun-alun Indonesia), Christine Barki (Retail Advisor), Anastasia Tirtabudi (Head of Brand & Consumer Marketing Dulux), Melinda Babyanna (Editor in Chief Marie Claire Indonesia), dan Boedi Basoeki (Lifestyle Communication Specialist).

Aspek-aspek yang menjadi kriteria penilaian adalah orisinalitas dan keunikan konsep, kesesuaian tema, daya jual dan daya pakai, kerapian, kesiapan brand, ketepatan pemilihan bahan, dan total appearance. Termasuk kesiapan mereka mengikuti pameran dagang tingkat dunia, seperti Hongkong Fashion Week.

Melinda Babyanna mengatakan bahwa karir seorang desainer itu bukan untuk satu dua tahun, tetapi jangka panjang dan berkelanjutan. Seorang desainer tidak hanya dituntut mampu membuat karya yang memiliki nilai orisinalitas, inovatif dan daya pakai, juga memiliki kemampuan dalam aspek bisnisnya. “Jangan cuma jadi desainer yang cuma bisa showcase, tapi nggak tahu siapa marketnya,” paparnya.

Setelah melalui seleksi tahap pertama, 30 orang peserta yang lolos menuju semi final diwajibkan merealisasikan salah satu sketsa rancangannya dalam bentuk pakaian jadi dan mempresentasikannya. Selanjutnya disaring lagi menjadi 10 orang finalis yang akan mendapatkan kesempatan memamerkan rancangannya di fashion show IFDC 2015, di ajang Indonesia Fashion Week 2015 pada Februari mendatang.

10 Finalis IFDC 2015

10 Finalis IFDC 2015

Berikut adalah 10 orang finalis IFDC 2015 hasil penilaian Dewan Juri yang diumumkan pada 14 Januari 2015 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

1. Alyza Azalia Bachmid
2. Andhika Lukas Prakarsa
3. Andreas Wen
4. Arlini Pramudya
5. Avridya Kemala
6. Jasmine Darwin
7. Melissa Thio
8. Nova Nosalia
9. Stephanus Sylvester S.
10. Syeren Regina

Teks dan Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *