Alexander Wang

Fashion Report

Budaya Cina dan Eropa dalam Le Jardin Chinois

By  | 

seba-1602

Lihat Koleksi →

17 Januari 2014 untuk kedua kalinya Instyle Indonesia menggelar fashion show karya salah seorang perancang mode ternama Indonesia, Sebastian Gunawan. Bertempat di Ball Room Hotel Mulia, Jakarta. Kali ini Seba, sebutan akrab Sebastian Gunawan, menggelar 52 rancangannya dalam tema Le Jardin Chinois.

Le Jardin Chinois diinspirasi dari kehidupan para bangsawan Eropa di era Rococo yang menggemari kebudayaan Cina bernilai tinggi. Konon ragam kekayaan budaya Cina banyak diterapkan dalam gaya hidup para bangsawan Perancis. Imajinasi tentang kehidupan mewah para bangsawan itulah yang merangsang inspirasi Seba membuat rancangan yang memadukan keanggunan dan kemolekan siluet tubuh perempuan Perancis di zaman Rococo dengan gaya qipao Shanghai yang klasik.

Keunggulan Seba bermain dengan siluet dan cutting Shanghai yang khas diubahnya menjadi bentuk baru yang lebih feminin dan modern. Tak hanya itu. Seba pun mengambil inspirasi dari bunga-bunga cantik di taman-taman bergaya Cina di Eropa. Tak mengherankan bila pilihan warna dan bahan kain yang dipakai dalam rancangannya pun didatangkan dari Eropa, terutama Sepanyol.

Paparan warna pastel yang lembut dan romantis berpadu dengan siluet indah yang diselingi beberapa skirt bervolume besar dan materi crinoline berhasil membentuk kesatuan presentasi menawan. Keindahan ragam bahan damask, hand woven lace, silk dan ornamen lainnya dibuat dengan craftmanship berkualitas khas Seba. Warna-warna pastel, cerah hingga lambang keberuntungan Cina, oranye, mendominasi bias warna koleksi rancangannya kali ini.

Teks dan Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *