DKNY Sport Collection

Indonesia Fashion Week

Jaminan Brand Lokal Dipajang di Retail Bergengsi

By  | 
ifw-2014-3633

Stand salah satu brand lokal di Indonesia Fashion Week 2014

Di pusat perbelanjaan mewah dan bandara merupakan tempat strategis untuk memajang karya desainer. Tidak susah menemukan merek internasional dipajang di tempat tersebut. Tapi sedikit menemukan merek lokal bisa terpajang apik dan bergengsi . Padahal, karya desainer lokal pun tak kalah bagus. Juga pasarnya ada. Buktinya, setiap kali ada pameran produk busana dan merek lokal di pusat perbelanjaan, selalu dipadati pengunjung. “Kenapa tidak dibikin (stan) tetap saja. Pasarnya ada,” kata Muhammad Luthfi, Menteri Perdagangan dalam acara konferensi pers Opening Ceremony Indonesia Fashion Week 2014.

Hanya saja, merek kebanyakan masuk kategori UKM susah masuk ke retail modern karena beberapa hal. Pertama soal kualitas yang belum memenuhi standar retail modern. Bila ada yang bagus, tapi susah untuk konsisten. Selain itu sistem konsinyasi yang diterapkan retail terhadap suplier menyulitkan UKM yang bermodal terbatas. Karena pembayaran berjangka, maka modal tidak berputar. Bila tidak ada keberpihakan maka brand lokal akan selalu kalah, apalagi masuknya merek asing dengan modal besar sudah tak bisa dibendung.

Menurut Luthfi, UU sudah mengatur bahwa retail modern harus menyediakan ruang untuk merek lokal. Ruang ini bukan hanya sekadar formalitas, tapi etalase yang strategis, setara dengan merek asing. Pembayaran dilaksanan maksimal dalam 2 minggu, sehingga modal masih tetap bisa berputar. “Kita akan mengadakan pendapingan untuk desainer lokal agar barang yang dihasilkan lebih menarik, kualitasnya bagus,” tambahnya. Harapannya, jika merek lokal mendapatkan tempat yang layak, maka penjualan mereka pun meningkat, kesejahteraan penjual dan produsen terjamin.

Realisasinya, tahun ini Kemendag memberikan fasilitas dan pendampingan untuk 20-30 desainer agar bisa memenuhi syarat masuk ke retail modern.

Teks: Titik K. / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *