DKNY Fall 2017 Collection

Fashion Report

Kemacetan Kota Jakarta dalam Visualisasi Billy Tjong

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Lihat Koleksi →

Peristiwa yang terjadi dalam kemacetan kota Jakarta, divisualisasikan Billy Tjong ke dalam suatu koleksi busana ready to wear.

Aneka kendaraan yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas, ratusan orang dengan berbagai latar belakang, serta beragam pikiran yang melintas saat menanti waktu jalan, merupakan peristiwa yang terjadi saat macet. Kejadian ini menginspirasi Billy Tjong membuat busana premium ready to wear dengan tema Bhinneka, keragaman.

Bertempat di fashion tent Jakarta Fashion Week 2015, peragaan busana koleksi Billy Tjong dibuka dengan model mengenakan busana strapless dress dengan detail printed yang diaplikasi di atas material dupion silk. Dilanjutkan dengan model yang mengenakan busana atasan bolero berdetail drapery, dengan bawahan rok pensil berdetail printed.

Sederet busana hadir dengan teknik printing foto hasil jepretan Billy sendiri, digabungkan dengan keindahan seni lukis, grafis, dan kaligrafi Tionghoa. Teknik tersebut merupakan ciri khas rancangan Billy Tjong. Teknik printed tersebut diaplikasikan di atas busana dengan potongan strapless dress, shift dress, rok pensil, hingga A-line dress.

Peragaan busana koleksi Billy Tjong ini ditutup dengan busana maxi dress berbahan organza, dengan detail printed bermotif buih warna biru dan kuning

Billy Tjong menggunakan material neoprene, jacquard, organza, dupion silk, kulit buaya, dan kulit ular. Sebetulnya, penggunaan kulit binatang eksotik sebagai bahan busana masih menjadi perdebatan. Bahkan ada seruan dari desainer yang peduli dengan animal welfare untuk tidak lagi menggunakan materi ini. Namun beberapa desainer Indonesia masih menggunakan materi kulit binatang eksotis.

Aksesoris dari Ruitvorm berupa head piece dan ikat pinggang berbahan metal menambah kesan modern pada koleksi ini. Selain itu penggunaan tas dari Covet dan sepatu dari Kate Kurtzmann semakin menguatkan kesan urban pada koleksi ready to wear kali ini.

Keberagaman dari koleksi premium ready to wear Billy Tjong ini terasa dari aplikasi motif dan warna yang variatif. Konsep Bhinneka yang berasal dari interpretasi Billy Tjong terhadap kemacetan Jakarta digambarkan dengan baik melalui koleksi ini. Meskipun sangat disayangkan keberanekaragaman motif tersebut membuat busana dalam koleksi ini terlihat tidak menyatu antara satu dengan yang lainya.

Teks: Bayu Raditya Pratama / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *