DKNY Spring 2017 Intimates, Sleepwear & Hosiery Collection

Fashion Report

Material Tyvek Dalam Busana Ready to Wear

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Lihat Koleksi →

Membuat koleksi dengan matrial yang tidak biasa, Felicia Budi mencoba memperkenalkan material tyvek sebagai busana sehari – hari.

Tahun ini merupakan tahun ke-3 dari program Indonesia Fashion Forward. Program ini setiap tahunnya mengadakan proses kurasi karya desainer–desainer muda Indonesia yang dirasa dapat merefleksikan kekayaan budaya lokal dan juga berpotensi menembus pasar global. Tahun ini, karya 12 desainer muda berhasil melalui proses kurasi dari Indonesia Fashion Forward, salah satunya adalah Felicia Budi (Fbudi).

Fbudi merupakan salah satu desainer yang dipercaya sebagai fashion show pembuka dalam Jakarta Fashion Week 2015, usai Monstore. Fbudi menampilkan busana ready to wear. Tubuh manusia, gerakan, geomertri, dan material kain, menginspirasi Felicia Budi membuat koleksi yang diberi tema Persegi. Bentuk–bentuk desain 3 dimensi yang dibuat dari teknik pemotongan dan lipatan di atas material polos tyvek.

Model pembuka berjalan dengan mengenakan atasan bustier putih yang dipadu pleated cape berbahan organza dengan bawahan pencil skirt berbahan tyvek. Dilanjutkan dengan model mengenakan busana shift dress polos berdetail folded dari bahan tyvek.

Sederet busana ready to wear dengan eksplorasi material tyvek berwarna putih, off-white, abu – abu, dan biru muda menjadi lahan Fbudi berkreasi. Hadir juga bahan organza dengan detail pleated yang menjadi elemen estetis pada setiap busana. Penggunaan detail 3D dengan teknik jahit folded memberikan aksen pada sederet busana yang cinderung polos. Model penutup berjalan mengenakan shift dress panjang dengan detail folded abu – abu pada bagian bawah.

Dalam koleksi ini terlihat sekali usaha dari Fbudi untuk mengeksporasi bahan tyvek. Berupa bahan material fiber yang cukup kuat. Dari segi penampilan, bahan ini merupakan bahan yang menyerupai kertas, kain, dan plastik sekaligus. Bahan anti air, namun termasuk dalam katagori breathable. Bahan ini ditemukan oleh perusahaan Perancis DuPont.

Penggunaan bahan tyvek sebagai bahan utama untuk busana masih kurang diminati. Walaupun bahan tyvek mempunyai sifat ringan, mudah dipotong, dapat dijahit, dan dapat digunakan sebagai media print. Namun tekstur bahan bahan yang seperti kertas membuat busana dengan bahan ini mudah lecek.

Teks: Bayu Raditya Pratama / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *