DKNY Fall 2017 Collection

Fashion Report

Penangkap Mimpi dalam Busana Eklektik

By  | 

tas-tertia-jfw-2015-9088-cover

Lihat Koleksi →

Ketertarikan terhadap benda penangkap mimpi suku Indian, dituangkan Tertia Enda ke dalam sebuah koleksi busana eklektik.

Dream catcher (penangkap mimpi) berasal dari suku Indian. Dream catcher sering diartikan berbeda. Bagi suku Indian Lakota, dream catcher diartikan sebagai penangkap mimpi baik. Mimpi tersebut menjadi bagian dari kehidupan nyata. Sedangkan bagi suku Indian Chippewa, Navaji, dan Ojibwe, dream catcher diartikan sebaliknya. Sebagai penangkap mimpi buruk.

Benda yang diyakini sebagai penangkap mimpi ini dibuat dari simpai dan urat jaring pohon willow. Dalam kepercayaan suku Indian, benda ini tidak hanya digunakan sebagai penangkap mimpi, melainkan juga sebagai jimat yang dipercaya menghilangkan sifat negatif pemakainya. Bentuk dan cerita di balik benda ini menginspirasi Tertia Enda, menjadi sebuah koleksi busana Spring/Summer 2015 dengan tema Dream Catcher.

Untuk merealisasikan, ia bekerjasama dengan desainer grafis Ebes Rasyid. Tertia menggabungkan bentuk dan detail dari dream catcher. Detail sudut–sudut diagonal serta lingkaran dari dream catcher diaplikasikan sebagai elemen estetis pada busana. Hadir sederet busana ready to wear dengan potongan atasan bentuk peplum, rok pensil, cropped top, palazzo pants, dan A-line dress.

Peragaaan busana koleksi ini dimulai dengan model yang mengenakan busana jumpsuit biru berbahan duchess satin, dengan detail print geometri ditambah vest berbahan organza berdetail embellishment batu permata, mutiara, dan beads. Model selanjutnya mengenakan busana sheath dress biru berbahan cotton wool, dengan detail embellishment bentuk lingkaran dream catcher terbuat dari bahan wool felt, batu permata, dan mutiara.

Sebagai penutup koleksi busana dress panjang dengan detail split stich embroidery berbentuk dream catcher, french knot embroidery pada bagian bawah dress, dan embellishment batu permata dan mutiara.

Dalam peragaan busana ini, Tertia juga melengkapi dengan koleksi sepatu ankle strap dan strap sandals. Koleksi sepatu dan sandal ini juga iberi detail embellishment batu permata dan beads. Wajah dihias dengan summer make up ditambah sentuhan lipstick merah. Hair-do bergaya sleek bun yang disematkan bulu.

Tertia menghadirkan koleksi ready to wear ringan dengan bentuk busana kasual. Penambahan detail embroidery serta embellishment tidak memberatkan keseluruhan tampilan. Bentuk potongan busana simpel dan penambahan hiasan yang pas menjadikan koleksi ini sebagai alternatif baru bagi pencinta gaya eklektik.

Teks: Bayu Raditya Pratama / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *