DKNY Ready-To-Wear Spring 19 Collection

Fashion Report

Romantisme Negeri Sakura

By  | 

Photo by Bayu Raditya Pratama

Terinspirasi dari negeri sakura Jepang, dengan mengalkulturasi budaya barat dengan timur,  Ivan Gunawan berhasil memberikan sentuhan berbeda.

Lagu romantis dari Yana Julio berduet dengan Encore’s Singer menjadi pembuka dari koleksi bridal fashion show Love by Ivan Gunawan sekaligus menandai dimulainya The Ritz-Carlton WeddingFair 2014 Shades Of Luxury. Terinspirasi dari perjalanan Ivan ke negeri sakura, koleksi bridal-nya kali ini diberi tema Madame Sakura.

“Koleksi Madame Sakura datang saat saya berlibur ke Jepang. Romantisme yang ada di negeri matahari terbit itu begitu mengena pada saya. Masyarakat Jepang memegang budaya lokal yang kental, tetapi di saat bersamaan mereka tetap membuka diri terhadap budaya barat”, kata Ivan saat menjelaskan koleksinya kali ini.

Dari tema yang diangkat Ivan Gunawan, koleksinya akan ‘sangat’ Jepang sekali karena nuansa musik Jepang dan background bunga sakura yang kental akan budaya Jepang. Namun hal itu terpatahkan saat model pembuka dengan gaun putih panjang berdetail kelopak bunga berjalan di runway. Bahan transparan yang Ivan gunakan pada koleksinya ini tidak hanya memberi kesan modern namun juga seksi. Selain itu, Ivan juga menghadirkan gaun bridal berpotongan pendek yang membuat koleksi ini tampak berbeda.

Ivan Gunawan menghadirkan 15 gaun pengantin modern, merupakan campuran antara budaya barat dengan budaya Jepang. Tidak lupa Ivan menambahkan detail sabuk,yang semenjak beberapa tahun belakangan ini menjadi ciri khas desain Ivan Gunawan. Namun kali ini dibuat ala jepang (Obi), serta hiasan di kepala yang dibawa langsung dari negeri sakura.

Pada pertengahan show muncul penari perempuanJepang yang menari kabuki untuk memohon kesuburan pada dewi padi. Ternyata bukan penari Jepang, melainkan dibawakan oleh seniman Indonesia, Didik Nini Thowok. Disusul dengan model mengenakan gaun panjang megah dengan riasan khas Jepang hasil karya LT Pro Professional Make Up sebagai penutup.

Pada show kali ini Ivan Gunawan berhasil mengalkulturasi budaya berbeda dalam harmonisasi barat – timur, kuno – modern ke dalam satu koleksi busana bridal yang cantik. “Budaya, modernitas, romantisme, serta nuansa barat- timur yang saya lihat di Jepang, saya leburkan, sehingga tercipta menjadi koleksi kali ini. Saya dedikasikan kepada calon pengantin yang ingin punya tema pernikahan yang unik dan tidak biasa, tanpa mengorbankan elegansi yang klasik, “ imbuh Ivan Gunawan mengenai koleksinya kali ini.

Teks / Foto: Bayu Raditya Pratama

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *