DKNY Spring 2017 Collection

Fashion Issue

Strategi IFW Menuju Indonesia Jadi Pusat Mode Dunia 2025

By  | 

sdk-ifw-2405

Indonesia Fashion Week (IFW) memiliki perhatian besar terhadap perkembangan dan masa depan indutri fesyen Indonesia. Untuk itu, selain IFW memiliki agenda tahunan menggelar The Biggest Fashion Movement melalui perhelatan IFW, juga terus mengkampanyekan gerakan lokal (local movement) mencintai produk Indonesia dan perkembangan industrinya.

Menurut Dina Midiani, direktur Indonesia IFW, The Biggest Fashion Movement dan Local Movement adalah dua gerakan utama Indonesia Fashion Week. Merupakan implementasi dari blue print ekonomi kreatif fesyen yang sudah disepakati empat kementerian, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian KUKM (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah).

Misi utama kedua gerakan itu, kata Dina, adalah untuk mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pengembangan ekonomi kreatif fesyen. Melalui gerakan itu pula harapan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia yang mengoptimalkan kekuatan lokal di 2025 dapat tercapai.

“Fondasinya adalah kekayaan lokal dan kepedulian lingkungan. Yang dimajukan adalah inovasi dan branding supaya kita jadi salah satu pusat mode. Ada tiga hal yang harus kita lakukan. Riset dan pengembangannya, kompetensi, dan bisnisnya. Tiga poin utama. Ujungnya harus ready to wear craft fashion,” ungkap Dina dalam acara Media Gathering IFW pada 30 Januari 2014 di Cassis French Dining, Jakarta.

Sejak didirikan pada 2011, kekuatan dan potensi lokal menjadi perhatian IFW.

“Mengapa fondasinya di lokal? Karena kita punya begitu banyak kekayaan. Yang dimaksud dengan lokal tidak berarti hanya produk lokal memakai batik, tenun atau sarung. Lokal ini adalah termasuk juga manusianya. Pemain dari industrinya. Itu yang mau kita angkat,” papar Dina.

Teks & Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *