DKNY Spring 2017 Intimates, Sleepwear & Hosiery Collection

IFF

Tema “Star Wars” Membuka Indonesia Fashion Festival

By  | 

Photo by Sadikin Gani

I Fashion Festival (IFF) 2014 merupakan agenda fashion show tiap tahun yang diselenggarakan oleh MNC Group. Kali ini, berlangsung pada tanggal 15-17 Desember 2014 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Rencananya akan menghadirkan 17 desainer Indonesia dan beberapa desainer luar negeri dengan tema East Meets West. Konsepnya, menampilkan perpaduan koleksi busana karya desainer dari Asia dan dari Barat.

Acara pembukaan berupa fashion show diberi nama The Masterpiece 2014, digelar pada tanggal 15 Desember 2014 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski. Acara tahunan HighEnd Magazine kali ini bertema The Masterpiece Strikes Back: A Fashion Exploration.

The Masterpiece kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. The Masterpice kali ini, kita bekerjasama dengan Walt Disney. Dengan tema Star Wars. Sesuatu film fiksi yang ilmiah. Ada 17 desainer yang ikut, yang mana mereka akan mendesain busana-busananya dengan “gaya Stars Wars”. Panggungnya akan berbentuk Visit, seperti kapal tempurnya Star Wars,” kata Liliana TanoeSoedibjo, Chairwomen HighEnd Magazine. Tiap desainer menampilkan satu desain busana yang terinspirasi dari film terbaru Star Wars: The Force Awakens. Film ini akan tayang pada 18 Desember 2015.

 

Star Wars adalah film yang dibuat dalam waktu yang panjang. Lintas generasi. Yang telah ditonton oleh berbagai usia di Amerika dan di dunia. Indonesia adalah pasar yang besar. Kami ingin membawa Star Wars ke lebih banyak pemirsa. Dunia fashion merupakan dunia high end yang akan menginspirasi banyak orang,” kata Robert Gilby, Managing Director The Walt Disney Company Asia Tenggara kepada The Actual Style.

Menurut Gilby, dunia fashion mempunyai pengaruh besar dalam menyampaikan pesan ke masyarakat. Melalui konstum yang disajikan di fashion show oleh para desainer Indonesia diharapkan akan mengispirasi industri garmen untuk membuat busana dengan tema Star Wars. Karakter dan cerita akan tersebar ke masyarakat melalui busana.

Sementara itu, tidak semua desainer yang menggelar show di panggung The Masterpiece berniat untuk memproduksi busana tema ini dalam skala komersial. “Kita belum berpikir untuk ke sana ya. Kita tetap konsen ke busana yang kita bikin sekarang,” kata Amot Syamsuri, dari label ISIS saat ditanya apakah akan memproduksi busana dengan tema Star Wars.

ISIS menampilkan busana dengan jubah berwarna hijau. Menurut Amot, busana ini terinspirasi dari karakter Bobba Fett yang unik. Ia seorang petualang, bounty hunter, dan tokoh yang punya karakter kuat dalam cerita Stars Wars.

Selain ISIS, ada 16 desainer lain yang menampilkan karyanya pada acara The Masterpiece. Busana karya Hartono Gan berupa busana lekat tubuh berwarna gold champagne sebagai karya pembuka. Busana ini terinspirasi oleh karakter Amidala dalam Star Wars. Selanjutnya karya Dini Pratiwi berupa dress dengan warna rustique gold. Sebagai pelengkap, model mengenakan aksesoris di kepala berbentuk mahkota karya Reynaldi A. Yunardi.

Karakter Queen Amidala dalam berbagai perannya di Stars Wars menjadi karakter yang paling banyak menginspirasi para desainer untuk busana perempuan. Termasuk Alleira Batik by Amanda Rahardja dan Alston Stephanus dengan interpretasi yang berbeda-beda. Sebagai penutup, tampil Angel Pieters melantunkan lagu A Sky Full of Stars dengan busana karya Soko Wiyanto.

Teks: Titik K. / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *