DKNY Spring 2017 Intimates, Sleepwear & Hosiery Collection

Fashion Extravaganza - JF3

Visualisasi Mimpi Rafi Ridwan

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Lihat Koleksi →

Laki-laki usia 12 tahun itu berjalan memungut bouquet bunga di sepanjang runway.  Ada senyum di sana. Senyum yang sama dengan senyum anak seusianya. Bedanya, pada usia yang sama,  ia sudah mendekap satu dari sekian mimpi besarnya, malam itu.

Buket bunga itu tak muat di dekap mungil Rafi Ridwan, desainer busana.  Lebih dari 5 ikat bunga, termasuk dari Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dipersembahkan untuknya usai  fashion show tunggal pertamanya di Indonesia, 18 Mei 2014 di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta. Pun tepuk tangan yang riuh untuknya tak bisa didengarnya. Dunia yang riuh selalu sunyi bagi Rafi. Ia tak bisa mendefinisikan suara sejak lahir. Tak bisa berbicara sebagaimana anak seusianya. Hanya saja ia tak menyerah dan diam. Ia berbicara dengan bahasa lain. Bentuk, warna, dan desain busana adalah alatnya untuk berbicara pada dunia. Rafi Ridwan, menjadi desainer busana sejak usia 9 tahun.

Mimpi Rafi untuk tampil di Jakarta Food and Fashion Festival (JF3) demikian besar. “Karena di JF3 beberapa tahun silam, untuk pertama kalinya Rafi menyaksikan fashion show,” kata Shinta Ayu Handayani, ibu Rafi yang menerjemahkan kata-kata Rafi. Setelah menyaksikan fashion show JF3, Rafi mulai bermimpi, suatu hari nanti ia akan membuat fashion show di sini.

Ternyata untuk menggelar fashion show di JF3, ia harus lebih dahulu menggelar karyanya di Paris, Milan, London, dan New York. Tahun 2011, Barli Asmara tertarik dengan sketsa Rafi dan mengajaknya untuk berkolaborasi. Tahun 2014 ini, dalam rangkaian Fashion Extravaganza, JF3 2014, mimpi Rafi terwujud. Ia menampilkan Sirena del Sur (Putri Duyung dari Selatan) dalam fashion show tunggalnya.

Tema ini seperti kembali ke sketsa Rafi saat usia 3 tahun. Kata Shinta, Rafi melihat Putri Duyung tak mengenakan busana. Maka Rafi ingin memberikan busana untuk tokoh dongeng tersebut. Itulah awalnya ia menggabar sketsa. Sekaligus awal Rafi mendesain busana dengan otodidak. Putri Duyung dan kehidupan laut banyak menginspirasi dalam mendesain busana. Sebagaimana 40 set busana perempuan yang ditampilkan kali ini. Koleksi yang ingin menampilkan kecantikan sederhana dari seorang perempuan. Tetap memesona tanpa penampilan berlebihan.

A dream that rises me up to overcome my limitation, tulis Rafi Ridwan yang ditampilkan dalam multimedia, mengawali fashion show. Lampu masih gelap saat model berjalan dari ujung runway, keluar dari arah pit fotografer. Seperti menggambarkan asal sebuah mimpi, kegelapan.

Saat lampu terang, mimpi bermuara, sequence pertama dimulai. Tampak busana bernuansa coklat yang menggambarkan kecantikan Putri Duyung di dalam laut nan tenang. Busana dengan siluet  A line diwujudkan dalam busana rok panjang dan pendek. Rafi juga menampilkan bawahan berupa celana straight leg yang dipadu dengan cropped. Kesemua koleksi ini dibuat dari bahan kain ikat Bima dan tenun Troso.

Di sequence kedua menampilkan warna kemerahan yang menceritakan sisi elegan Putri Duyung saat keluar dari dalam laut dan menikmati keindahan langit malam di tepi pantai. Bahannya masih sama, hanya lebih menekankan detail. Busana asimetris dan busana dengan siluet duyung hadir sebagai penutup.

Di beberapa koleksi, Rafi menambahkan aksen embroidery dengan motif kerang dan kuda laut. “Koleksi yang beda kali ini, Rafi banyak menambahkan ruffles dan motif ombak pada kain,” tambah Shinta. Ruffles ini terinpirasi dari garis-garis gelombang laut yang diterapkan dalam desain. Rafi, menginterpretasikan Putri Duyung dan laut tidak kaku dan terlihat ada kebebasan di sini. Sebebas mimpinya yang tak pernah berhenti. “Ia ingin mendesain baju untuk Michelle Obama,” kata Shinta, saat Rafi ditanya  soal mimpi selanjutnya. A dream that made a life.

Teks: Titik K. / Foto:Sadikin Gani

1 Comment

  1. Rafi Ridwan

    05/06/2014 at 12:58 PM

    Terima kasih sudah menulis tentang Rafi. Rafi suka sekai tulisan ini.

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *