DKNY Fall 2017 Collection

Fashion Report

Visualisasi Taman Gantung Babylonia

By  | 

tas-nur-zahra-jfw-2015-8581

 Lihat Koleksi →

Memvisualisasikan keindahan taman gantung Babylonia kuno ke dalam motif, merupakan ide NurZahra membuat busana muslim kasual

Taman gantung Babylonia merupakan taman yang dibangun oleh Raja Bukadnezar 2, sebagai persembahan untuk sang pemaisuri Amyts. Putri yang berasal dari kerajaan di pegunungan Persia. Taman ini dibuat sebagai pengobat rindu sang permaisuri terhadap tanah kelahirannya. Taman yang berlokasi di Sungai Eufrat ini merupakan salah satu keajaiban dunia karena dibangun di wilayah Babylonia yang datar, kering, dan panas.

Keindahan taman yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman dengan sistem bertumpuk inilah yang menginspirasi Widri dalam membuat koleksi NurZahra untuk Spring/Summer 2015 dengan tema Hanging Garden. Tanaman di Babylonia dihadirkan dalam busana dengan motif floral antara lain atlantic bamboo, blue lotus, flower vines, dan stack of lotus. Motif tersebut menggunakan teknik pewarnaan shibori. Teknik pewarnaan dari Jepang yang sama dengan teknik jumputan.

Fashion show koleksi spring / summer 2015 NurZahra dimulai denga model yang mengenakan busana berupa blouse putih polos, dengan bawahan celana panjang bedertail printed serta kimono jaket dengan motif lotus. Dilanjutkan dengan busana dress bermotif flower vines dengan penambahan luaran jubah motif wreath dan arabesque.

Hadir juga busana dengan penabrakan motif arabesque dengan polkadot. Sederet busana muslim dengan material ringan seperti cotton, sutra, dan tenun dobi, disajikan dengan warna–warna yang sejuk seperti biru indigo, putih, dan abu-abu. Koleksi ini ditutup oleh busana dress panjang dengan motif atlantic bamboo, dengan detail ruffle pada bagian bawah. Deretan koleksi busana muslim yang kaya motif, bentuk busana yang sederhana membuat koleksi ini terasa ringan dan kasual.

Selain koleksi busana, NurZahra juga menampilkan koleksi kerudung yang digunakan dengan gaya Babushka. Kerudung dengan gaya seperti ini banyak dipakai oleh perempuan Polandia dan Rusia. Penggunaan sepatu brogue dengan warna nude dan dusty pink membuat koleksi ini kian terasa santai dan kasual.

Pada koleksi ini terasa sekali eksplorasi motif yang dilakukan oleh Nurzahra. Dengan mengangkat motif–motif floral yang sesuai dengan tema Hanging Garden dari zaman Babylonia. Namun jika mengakar pada sejarah hanging garden pada masa babylonia kuno hendaknya lebih detail dalam memperhatikan motif yang akan diangkat. Seperti motif bambu dan arabesque yang terasa janggal bila dikaitkan dengan taman gantung Babylonia. Menurut literatur, taman ini berisi ratusan pohon palem, anggur, sycamore, zaitun, peach, dan lotus. Tanaman ini tertulis pada puisi tradisional Babylonia.

Lepas dari itu, meskipun tahun ini NurZahra masih menawarkan busana muslim bertumpuk dengan tabrak motif, bila dibandingkan dengan koleksi yang lalu, koleksi Spring/Summer 2015 ini terasa lebih ringan dan penggunaan kerudung yang lebih simpel.

Teks: Bayu Raditya / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *