DKNY Fall 2017 Collection

Fashion Extravaganza - JF3

Warna Gelap untuk Musim Panas

By  | 

Photo by Sadikin Gani

Lihat Koleksi →

Koleksi Spring/Summer identik dengan warna cerah. Tapi Didiet Maulana berani menggunakan warna gelap, bahkan hitam, untuk busana koleksi musim panas.

Palet warna gelap seperti hitam, putih, dan kombinasi merah menjadi warna yang mendominasi koleksi Spring/Summer 2014 dari IKAT Indonesia by Didiet Maulana. “Walaupun saya menggunakan warna yang cenderung gelap dalam koleksi Spring/Summer kali ini, namun kesan dari ciri khas koleksi musim panas akan tertuang dari garis desain yang playfull dan fun,” kata Didiet, sesaat menjelang fashion show dalam rangkaian Fashion Extravaganza, Jakarta Fashion and Food Festival 2014, 18 Mei 2014.

Berlangsung di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, fashion show dibuka dengan dress berpotongan midi berwarna gelap. Busana ke dua pun senada dengan busana pertama, atasan lengan panjang dipadu dengan celana panjang yang jauh dari kesan musim panas. Kesan musim panas baru dapat terasa pada busana ke-3 dengan warna cerah dan potongan simpel yang terlihat chic.

Selanjutnya, hadir busana – busana kasual berpotongan simpel dengan detail cropped untuk busana perempuan dan laki-laki.  Serta paduan warna gelap dan terang yang menghasilkan koleksi busana siap pakai yang terkesan modern dan stylish.

Meskipun adanya penambahan koleksi jaket dan sweater berdetail tulisan IKAT dengan paduan syal pada koleksi Spring/Summer yang dirasa kurang pas namun dengan padupadan busana serta pemilihan bahan yang tepat menjadikan koleksi ini terlihat lebih muda dan fresh.

Untuk bahan, IKAT Indonesia mengolah ragam kain lurik dari Klaten dan Yogyakarta yang dipadu dengan sentuhan kain endek dari Denpasar, Bali. Kain dengan corak garis inilah yang kemudian diangkat menjadi tema, Garis – Garis Budaya Nusantara.

Dalam fashion show yang menampilkan 50 koleksi busana rancangan kali ini, para model hadir dengan riasan nude serta tata rambut gelombang yang dibiarkan terurai. Sepatu yang dibuat dari bahan yang senada dengan busana.

Secara keseluruhan, kreativitas Didiet di koleksi kali ini memberi warna beda untuk koleksi Spring/Summer dengan kain tradisional. Sebagaimana konsistensi Didiet Maulana dengan brand IKAT Indonesia untuk selalu menawarkan unsur kain Nusantara ke dalam setiap rancangan busana siap pakainya. Hal ini semakin mengukuhkan bahwa kain tradisional dengan rancangan dan penggunaan yang tepat dapat juga terlihat  modern. Bahkan penggunaan warna gelap untuk musim panas pun bisa kita jadikan alternatif pilihan.

Teks: Bayu Raditya / Foto: Sadikin Gani

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *